Nevatuhella, Resensi, Waspada

Akurasi Misteri yang Kompleks

5
(2)

SELAGI membaca novel berkelas The Borrowed saya bertanya sendiri dalam hati berapa buku yang telah dibaca oleh penulisnya, Chan Ho Kei. Biasanya bukan hanya dibaca tapi ditelaah pula isinya untuk kepentingan akurasi prosa ini. Maklum, novel ini memapar cerita dengan setting waktu selama 46 tahun, sejak 1967 hingga 2013.

The Borrowed tebal untuk ukuran novel Indonesia. Relatif tipis untuk novel dunia, 500-an halaman. Jujur, membacanya dipermulaan bagian sudah enak. Puas dengan diskripsi yang tenang, kemudian mengejutkan sebagaimana kebanyakan novel detektif yang berbumbu misteri.

Adalah Kwan Chun-Dok, polisi yang telah purna bakti, tetapi masih sangat diperlukan keahliannya untuk memecahkan kasus-kasus kriminal yang pelik. Melibatkan orang-orang terhormat dan berduit.

Suatu hari di tahun 2013, konglomerat Yuen Man-Bun didapati telah tidak bernyawa lagi di ruang kerjanya. Tak ada tanda-tanda pelaku orang luar, maka Inspektur Lok, murid kesayangan Kwan di kepolisian Hongkong, mencurigai lima orang dekat Yuen yang tinggal serumah dengannya.

Sebuah villa keluarga “Fung Ying” yang sudah ada sejak tahun 60-an.

Kelima orang yang digeret menjadi saksi adalah, dua anak laki-laki Yuen, seorang menantu, seorang asisten rumah tangga, dan seorang sekretaris pribadi. Dua orang yang disebut belakangan sudah mengabdi selama puluhan tahun dalam keluarga kaya raya ini.

Kelima saksi dibawa ke rumah sakit swasta milik mereka sendiri, sebabnya di sanalah superindental Kwan Chun-Dok terbaring koma, terlihat hanya menunggu detik maut datang menjeput.

Melalui kecanggihan teknologi kedokteran, Kwan bisa dipercaya dalam keadaan koma masih bisa melakukan analisa terhadap kasus kematian Yuen. Dengan tubuh yang dipenuhi berbagai selang dan kabel, ia terhubung dengan saksi yang diintrogasi.

Baca juga  Di antara Keheningan

Di layar komputer super canggih, terbaca pendapat dan sikap Kwan. Kelima calon tersangka tegang. Terutama Yue Wing Ye, anak Yuen yang sudah beristri. Demikian tegang suasana, tapi si pembunuh yang sebenarnya tenang. Polisi menyangkakan tersangka yang tidak sedikitpun berhubungan dengan pembunuhan. Dilakukan untuk memperkuat tersangka sesungguhnya.

Tersangka dapat diketahui dengan berbagai bukti kuat setelah superindental Kwan meninggal akibat jumlah obat penghilang rasa sakit jenis narkotika berlebihan ekstrim masuk ke tubuhnya.

Judul : The Borrowed (13.67)
Penulis : Chan Ho-Kei
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Pertama, Agustus 2019
Tebal : 544 Halaman
ISBN : 978-602-06-3246-9

Pembunuh adalah teman masa remaja Yuen tiga puluh tahun yang lalu, saat mana Komunis China mulai melancarkan misi tak bertuhannya ke Hongkong.

Plot mundur murni cukup menarik untuk kita tak berhenti membaca novel ini. Mengikuti kehendak penulis yang telah menyabet banyak penghargaan ini. The Borrowed telah diterjemahkan di tiga belas negara.

Tak salah Kirkus Reviews memuji novel ini. “Sebuah kisah ambisius. Chan Ho-Kei menunjukkan kemampuan luar biasa dalam penulisan kompleks alur cerita yang melibatkan pembalasan dendam, penculikan, dan serangkaian teror bom. Novel ini dijamin memuaskan kerinduanmu pada sederetan peristiwa yang saling berkaitan.” *

Nevatuhella. Penulis, esais.

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: